Anak Mengamuk Tanda Ingin Dimengerti

Anak Mengamuk Tanda Ingin Dimengerti

Cara Golden, Kadang-kadang para orangtua merasa heran, jengkel, lelah, dan putus asa ketika menghadapi anak yang biasanya selalu bersikap baik dan tenang tiba-tiba saja ia berubah menjadi sering menangis dan sangat sensitif.

Misalnya, sedikit saja ada kesalahan, ia akan meledak menangis. Apabila keinginannya tidak terpenuhi maka ia akan langsung mengamuk dan menjerit-jerit. Sehingga, kondisi anak seperti ini seringkali membuat orangtua merasa stress. Karena semuanya menjadi serba salah. Tidak tahu apa yang sebenarnya diinginkan olehnya.

Ketika menghadapi anak yang sedang sensitif seperti di atas, tentu perlu kesabaran ekstra dari orang tua. Cobalah berusaha untuk lebih tenang dalam menghadapi perubahan sikapnya tersebut.

Orang tua bisa mengingat-ingat kembali apakah selama seharian penuh orang tua telah memenuhi kebutuhannya. Seperti menyediakan waktu bercengkrama dengan anak?

Jika anak yang seharian tidak mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Terutama mendapatkan waktu bercengkrama dengan orang tua. Maka, biasanya anak akan bersikap aneh.

Ia mungkin akan mencari perhatian dengan cara menangis, mengamuk, dan rewel. Anak akan lebih memilih untuk mendapatkan perhatian negatif daripada merasa diabaikan (Tim Jordan, 2006).

Oleh karena itu, segeralah orangtua menyadarinya bahwa anak membutuhkan perhatian. Hindarkanlah merespon amukan anak dengan kemarahan. Sebab, tindakan tersebut hanya akan menambah keruh situasi dan membuat anak semakin memberontak.

Lebih baik rangkulah ia kembali, berikan pesan kepadanya bahwa orangtua mengerti apa yang ia butuhkan. Dekatilah dan peluklah dia. Mulailah berbicara kepadanya dengan cinta dan kasih sayang.

Jika orang tua mampu memberikan perhatian kembali kepada anak dengan mengajaknya berbicara, mendengarkan apa yang disampaikannya, dan mengikuti apa yang diinginkannya.

Misalnya, anak mungkin saja mengajak orangtua bermain bersama atau membacakan cerita. Maka, besar kemungkinan anak akan bersikap ’manis’ seperti biasanya. Selain itu, ia pun akan mudah untuk diajak bekerja sama kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *