Cara Mendidik Anak Balita yang Super Aktif

Cara Mendidik Anak Balita yang Super Aktif

Cara Golden, Perilaku balita yang aktif pada umur 2-3 tahun merupakan hal yang normal. Namun bila terlalu dibiarkan hal ini akan semakin menjadi dan sulit untuk dikendalikan nantinya saat anak beranjak dewasa.

Cara mendidik anak balita yang aktif yang salah bisa membuat anak semakin membandel. Cara asuh yang tepat untuk balita yang aktif memang masih sedikit diketahui orangtua.

Orangtua mengganggap cara asuh yang benar adalah dengan memberikan batasan kepada anak hal ini tidak bisa selalui diterapkan pada anak yang aktif bila terlalu sering anak bisa memberontak pada orangtua.

Salah satu cara mendidik balita yang aktif adalah dengan mengarahkan keaktifannya mejadi sebuah kegiatan yang kreatif. Cara menangani balita yang super aktif adalah:

Cara Mendidik Anak Balita yang Super Aktif
Cara Mendidik Anak Balita yang Super Aktif
  1. Melakukan kegiatan seru bersama, merupakan salah satu cara mendidik anak balita yang aktif. Lakukan berbagai macam kegiatan bersama, jangan lakukan kegitan yang monoton, ajak balita Anda untuk bermain di halaman, menari, hingga menirukan tingkah tokoh kartun kesukaannya.
  2. Berikan kegiatan yang menuntun kefokusan pada anak seperti menyisir rambut boneka, menyusun puzzel, dan menggambar. Bila balita Anda menyukai bermain sapu ajak dia untuk membersihkan rumah seperti membantu menyapu atau mengelap meja.
  3. Coba menggunakan kata-kata seperti “sayang, coba diam sebentar” bila anak anda terlalu aktif. Jangan membentak atau memarahi karena itu dapat mengganggu emosional anak.
  4. Berikan balita Anda mainan kreatif yang sekarang dapat anda temukan di banyak toko mainan. Seperti balok-balok kayu, puzzel, dan lainnya. Kegiatan ini akan membuat menjadi lebih kreatif.

Kunci dari cara mendidik anak balita yang aktif adalah kesabaran dan ketekunan. Temukan kegiatan yang disukai balita Anda dan lakukan kegiatan tersebut.

Anak yang aktif biasanya tergolong pintar. Ajak balita Anda untuk mengetahui banyak hal sepeti jenis binatang, mengenali warna dan bentuk dan hal lainnya. Berikan nasihat positif kepada anak tanpa unsur emosional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *